Welcome to -Safety Riding- blog ^^ Enjoy it and be a good Rider!!

Rabu, 04 Agustus 2010

Kenali Rambu Lalu Lintas ^^

Hai All~
Aku hadir lagi menyapa para pemuda-pemudi dan seluruh kalangan yang peduli akan keselamatan berkendara. Kali ini, mari kita membahas tentang Rambu Lalu Lintas yang ada di Jalan Raya.

Pertama, mengapa harus ada rambu lalu lintas? Sebenarnya apa sih guna Rambu Lalu Lintas di Jalan Raya?

Kalau kita bepergian dan melewati Jalan Raya, selalu kita menemukan papan yang berisi larangan, perintah, peringatan, ataupun petunjuk untuk berkendara. Papan-papan itu bukan dibuat untuk semata-mata nganggur, bukan semata-mata jadi hiasan di Jalanan saja. Justru papan-papan itu dipersembahkan bagi kita, para pengendara, untuk keselamatan kita sendiri.

Yah, seperti yang sudah kita bahas di fisrt entry. Setiap pengendara yang berkendara di Jalan Raya, mempunyai resiko yang sama. Untuk itulah rambu-rambu lalu lintas dibuat untuk menjaga keaman berkendara dan terkendali. Jadi, apakah kita akan membiarkan rambu-rambu itu nganggur begitu saja?

Saya pernah mendengar sebuah pepatah yang mengatakan kalau "Tak Kenal Maka Tak Sayang" dan menurut saya pribadi, pepatah itu benar sekali. Karena itulah saya disini untuk memperkenalkan sekali lagi berbagai macam Rambu Lalu Lintas yang bertaburan di Jalan Raya dan untuk kita taati.

Check this out!!

Pertama, ini adalah rambu-rambu yang memperingatkan kita tentang adanya bahaya.


Ada peringatan terhadap perempatan (crossroad). You know, perempatan itu rawan kecelakaan loh. Karena perempatan itu tempat bertemunya para pemngendara dari arah manapun. Bisa dibayangkan betapa semrawutnya lalu lintas tanpa pengaturan.


Lalu ada peringatan terhadap Jalan yang licin (Slippery Road). Rambu ini juga berguna sekali. Bisa kalian bayangkan kalau kita mengemudi di Jalan yang sempit tanpa ada persiapan sama sekali. Jangankan mengemudi, berjalan dilantai yang baru dipel saja terasa licin dan kadang kala terpeleset. Apalagi kalau mengemudi di Jalan yang licin tanpa pemberitahuan lebih dahulu? Ngeri banget kalo kita nggak hati-hati dan celaka.


Nah, ini ada contoh satu lagi. Tentang longsor "Falling Rocks". Memikirkan kita menaati rambu-rambu itu, entah mengapa aku serasa menjadi orang yang beruntung.

Selain itu, banyak sekali rambu-rambu lain yang merupakan larangan, perintah, dan sebagainya. Kalau kita melihat di wilayah Surabaya sendiri, apakah sudah banyak orang yang menaati Rambu lalu lintas?

Saya sempat mengamati di sudut-sudut Jalan Raya, tentang sejauh mana mereka menaati rambu lalu lintas. Coba tebak, masih ada beberapa orang yang tidak mematuhi rambu lalu lintas seperti putar balik ke arah yang tidak seharusnya, memarkir kendaraan di area yang sudah jelas-jelas dilarang, berhenti di area yang seharusnya tidak boleh berhenti, dan masih banyak lagi.

Itu jelas-jelas merupakan sebuah pelanggaran di Lalu Lintas. Dan tentu saja secara tidak langsung mereka merugikan diri mereka sendiri. Memang, setiap orang tidak ada yang sempurna, tapi setidaknya kita harus selalu berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih dan lebih baik lagi. Hal yang paling gampang dalah, dimulai dari dirikita sendiri. Dari satu pata kata, sayangilah hidupmu! Sayangilah hidup kita! Karena hidup adalah anugerah. Jangan pernah sia-siakan hidup kita dimanapun kita berada. Bahkan di Jalan Raya sekalipun.

Aku tau kita bisa ;)

Semoha dengan kita mengkaji Rambu-rambu lalu lintas ini, kita akan semakin tau dan semakin mengenal Lalu Lintas.

Nah, ini ada bonus satu rambu dari safety riding's blog. Well,, here it is!!

Hehehe~

Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Poskan Komentar

Komen-komen kalian sangat diharapkan,,, :)